Gelar Latpraops, Ini Langkah Polres Trenggalek Amankan Natal Dan Tahun Baru 2019

0
197

Titaniumnews – Kepala Kepolisian Resort Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. selaku Kaopsres memimpin langsung latihan pra operasi atau Latpraops Lilin Semeru 2018 di Rupatama Mapolres Trenggalek. Jumat (21/12).

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Karendalops Kompol Heru Kunbiantoro S.Sos., Pejabat utama, Kapolsek jajaran, perwira staf dan seluruh personel yang terlibat operasi Lilin Semeru 2018.

Latpraops itu sendiri merupakan media diskusi sekaligus penjabaran tentang kesiapan masing-masing satuan tugas (Satgas) sehingga tercipta keselarasan dan kesinambungan cara bertindak baik preemtif, preventif maupun represif.

Dalam arahannya, AKBP Didit menekankan tentang pentingnya keberadaan Pos pengamanan maupun pos pelayanan. Setiap Kapospam wajib mengetahui dan menguasai panel data serta kerawanan wilayah dalam radius strall Pos pam.

“Harus tahu potensi gangguan Kamtibmas agar dapat mengambil langkah cepat antisipasi dan menentukan cara bertindaknya” Tegas AKBP Didit

“Pos tidak boleh kosong dan jaga kebersihannya. Bantu dan layani dengan baik setiap masyarakat yang datang” Imbuhnya

Mengingat Operasi Lilin Semeru 2018 merupakan operasi khusus Kepolisian, AKBP Didit meminta semua personel all out membaqckup pengamanan. Ia pun menegaskan tidak ada anggota yang cuti kecuali anggota yang beragama nasrani atau keperluan yang memang benar-benar mendesak.

Sementara itu, Kompol Heru selaku Karendalops Lilin Semeru 2018 menuturkan, dalam pelaksanaan operasi ini melibatkan sedikitnya 325 personel gabungan Polri, TNI dan dinas/instansi terkait.

“Selain dibagi dalam bentuk Satgas, personel juga ditempatkan pada 3 pos pengamanan yakni, Pos pam Durenan sebanyak 85 personel, Pospam Widowati 88 personel dan Pos pam Watulimo 92 personel” Jelas Kompol Heru

Masih kata Kompol Heru, untuk memperkuat pengamanan khususnya wilayah kecamatan, didirikan pula pos pam imbangan yakni di simpang 3 pasar Dongko, simpang 4 kedung lurah Pogalan, Pantai Pelang Panggul, Simjpang 3 Pasar kamulan, Simpang 4 Gandusari dan simpang 3 Nglongsor Tugu.

Khusus pengamanan Natal, pihaknya akan menurunkan tim QRT Satsabhara untuk melakukan sterilisasi dibantu oleh unit tertutup dari Satreskrim dan Satintelkam. Hal tersebut juga berlaku bagi gereja-gereja yang menggelar perayaan Natal di wilayah kecamatan.

“Secara umum, Polres Trenggalek siap mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019.” Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here