Gelar Apel Bersama, Polres Banyuwangi Peringati HUT Brimob Ke-73

0
314

Polres Banyuwangi – Memperingatai HUT Brimob ke-73 tahun 2018, Polres Banyuwangi menggelar apel dan syukuran dengan mengusung tema “Dengan semangat sinergitas korp brimob polri mewujudkan promoter untuk meraih kepercayaan masyarakat.”

Apel dipimpin Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Banyuwangi Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taufik Herdiansyah Zeinardi., S.I.K., S.H., M.H. sedangkan bertindak perwira apel Iptu Dalyono Kaurbinopsnal Satlantas Polres Banyuwangi, komandan apel oleh Iptu Ardhi Bithakumala., S.H. Kanitlaka Satlantas Polres Banyuwangi. Kegiatan apel diikuti sekitar 280 personil gabungan Eks Brimob, Anggota Polres Banyuwangi dan ASN Polres Banyuwangi, pada Rabu (14/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) Banyuwangi Komisaris Polisi (Kompol) Oscar Syamsuddin., S.I.K., M.T., para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi dan pejabat utama Polres Banyuwangi.  Kapolres Banyuwangi membacakan Sambutan tertulis Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian., Ph.D.

“Marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Korps Brimob Polri tahun 2018, dalam suasana yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan,” AKBP Taufik Herdiansyah menyampaikan sambutan Kapolri.

Selain itu Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik juga menyampaikan rasa bangga dan harapan semoga Brimob Polri semakin dicintai masyarakat dan senantiasa memberikan darmabakti terbaik kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Melalui berbagai penugasan, Brimob Polri telah menunjukkan kontribusi nyata yang bernilai penting bagi pemeliharaan stabilitas Kamtibmas di Indonesia. Sebagai satuan elit Polri, Brimob berhasil dalam mendukung pengamanan Pilkada Serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan Operasi Ketupat 2018, maupun berbagai event internasional seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018,” lanjut AKBP Taufik Herdiansyah.

Melalui Kapolres Banyuwangi Jenderal Tito Karnavian memberikan apresiasi atas peran serta Brimob dalam mendukung terlaksananya operasi penegakan hukum terhadap jaringan terorisme di Sulawesi Tengah dan kelompok kriminal bersenjata di Papua, serta pengamanan berbagai aksi unjuk rasa dengan jumlah massa yang besar. Demikian pula dengan torehan prestasi para personel Brimob di berbagai event kejuaraan menembak dan penugasan lain di luar negeri.

“Eksistensi yang telah ditunjukkan satuan Brimob, turut memberikan point positif dalam upaya institusi Polri untuk terus meningkatkan kepercayaan publik. Sebagaimana telah sering saya utarakan, bahwa selaku pimpinan Polri saya sangat mengharapkan dukungan penuh para personel Brimob, untuk mendukung tugas-tugas penting yang dibebankan kepada Polri,” pesan Kapolri yang disampaikan Kapolres Banyuwangi.

Lebih lanjut Kapolres Banyuwangi menyampaikan bahwa untuk meraih kepercayaan publik terhadap Polri, Kapolri telah menetapkan Program Promoter dengan tiga kebijakan utama, yaitu peningkatan kinerja yang diwujudkan dengan peningkatkan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan kamtibmas secara optimal; perbaikan kultur yang diwujudkan dengan menghilangkan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menghilangkan kekerasan eksesif; serta manajemen media yang diwujudkan dengan pengelolaan media konvensional dan media sosial secara optimal.

“Implementasi dari program kebijakan promoter telah berjalan dengan baik, termasuk yang dilakukan oleh personel Brimob utamanya dalam peran dan tugas penanggulangan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi,” tegas AKBP Taufik Herdiansyah.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Taufik  mengingatkan tentang berbagai tantangan tugas ke depan yang dihadapi Polri, antara lain pelaksanaan Operasi Lilin 2018, serta pengamanan tahapan Pemilu Tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung. Pemilu 2019 memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas karena antara Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersamaan, sehingga berpotensi menimbulkan kompleksitas dalam tahap pemungutan, penghitungan, dan rekapitulasi suara.

Sebelum mengakhiri sambutannya AKBP Taufik menyampaikan beberapa perhatian kepada seluruh personel Korps Brimob Polri antara lain Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan; Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan, dan institusi Polri, dengan menghindarkan diri dari berbagai pelanggaran dan perbuatan yang dapat merusak nama baik dan mencederai kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri;

 Ketiga, terus pelihara kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung. Laksanakan pemetaan potensi gangguan secara cermat dan persiapkan seluruh pelaksanaan tugas dengan optimal; Keempat, jangan pernah lelah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Terus belajar dan berlatih guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas; serta

Kelima, jalin kerja sama sinergis dengan seluruh elemen bangsa, pemangku kepentingan, dan masyarakat. Jaga kerukunan dengan personel TNI di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan apel berjalan aman, tertib dan lancar dilanjutkan syukuran di lobi Polres Banyuwangi. Selamat Ulang Tahun ke-73 Korps Brimob Polri, semoga kesatuan yang kita cintai ini dapat terus menunjukkan eksistensi dan manfaatnya bagi masyarakat. (Humas_Resbwi.1411)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here