Flashback Eksistensi Patroli Gentong Polsek Dongko Trenggalek Bantu Atasi Kekeringan

0
318

Titaniumnews – Dua Minggu terakhir, wilayah Kabupaten Trenggalek telah di guyur hujan cukup deras. Ya, musim hujan telah tiba. Dibalik itu semua, dimulai beberapa bulan yang lalu, Kabupaten Trenggalek mengalami kekeringan yang cukup parah hingga mengalami kekurangan air bersih dan terjadi merata hampir disemua kecamatan. Salah satunya adalah kecamatan Dongko dimana wilayahnya banyak didominasi oleh daerah perbukitan dan pegunungan.

Dikecamatan inilah terdapat Kepolisian Sektor yang bisa dibilang sangat peduli terhadap masyarakatnya. Polsek yang dipimpin oleh AKP Tri Basuki ini kerap melakukan aksi blusukan ke desa-desa untuk mengetahui secara langsung keluhan dan kondisi masyarakat.

Melihat keluh kesah masyarakat terkait sulitnya mendapatkan air bersih, perwira berpangkat balok tiga inipun berinisiatif mengubah mobil dinas yang biasanya digunakan patroli keliling kampung menjadi mobil tangki air yang digunakan untuk mengirimkan bantuan air bersih kepada warga.

“Bagian belakang mobil patroli kami lepas. Kami ganti dengan tandon air dengan kapasitas 1.800 liter” Ungkap Kapolsek yang kerang dipanggil Tribas ini.

Mobil patroli yang sudah berubah bentuk dan fungsi ini pun kemudian diberi nama `Patroli Gentong` merujuk pada nama peralatan dapur yang terbuat dari tanah liat dan digunakan oleh masyarakat desa untuk menampung air yang biasa disebut gentong.

Istimewanya, patroli gentong ini didukung penuh oleh seluruh personel Polsek Dongko. Seluruh anggota saling bahu membahu, bergotong royong melaksanakan tugas berkeliling desa membagikan air bersih hingga ke pelosok desa. Bahkan beberapa anggota meskipun sedang tidak berdinas tetap rela masuk hanya sekedar untuk ikut serta dalam patroli gentong ini.

“Khusus untuk masyarakat yang rumahnya tidak terjangkau, berada di atas bukit dan tidak bisa dilalui kendaraan, kami siapkan `Patroli kendi`. Sama seperti patroli gentong hanya saja skalanya lebih kecil.” Jelas AKP Tribas

“Jadi anggota menggunakan jurigen memikul air mengantarkan langsung sampai depan rumah warga. Petugasnya dibagi secara bergiliran agar tidak mengganggu tugas utama sebagai anggota Polri” Imbuhnya

Bukan hanya masyarakat yang menjadi sasaran patroli gentong ini. Pusat pelayanan masyarakat seperti sekolah dan puskesmas pun tak luput dari perhatian patroli gentong.

Berdasarkan catatan, selama 95 hari sejak tanggal 31 Juli 2018, Patroli gentong Polsek Dongko telah mengirimkan air sebanyak 285 kali atau mencapai 513.000 liter.

“Sehari bisa 3 sampai 4 kali pengiriman. Sedangkan untuk air kita ambilkan dari mata air terdekat. Jika terpaksa dari luar kecamatan pun tetap kita lakukan untuk membantu masyarat” Ucap AKP Tribas

Disinggung tentang sumber anggaran, AKP Tribas menjelaskan, dana operasioanal patroli gentong diperoleh dari anggaran operasional Polsek. Jika ada kekurangan, maka anggota secara sukarela dengan keikhlasan hati menyumbangkan sebagian rejekinya.

“Tidak ada paksaan. Alhamdulillah semua anggota mendukung” Lanjut AKP Tribas

Tak ayal, atas kerja kerasnya membantu masyarakat tersebut, Polsek Dongko menerima apresiasi dari berbagai kalangan maupun tokoh masyarakat.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung patroli gentong. Kami hanya menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom dan pelindung masyarakat. Terima kasih juga kepada Kapolres Trenggalek yang telah memberikan dukungan moril dan materiil sehingga Patroli Gentong tetap bisa eksis membantu masyarakat” Pungkasnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here