Evaluasi Pembangunan ZI menuju WBK, Kapolres Ternate Paparkan Program Unggulan

0
241

Titaniumnews – Dalam rangka Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda SIK memaparkan sejumlah Sistem Program Unggulan yang dimiliki Polres Ternate, dihadapan Tim Evaluasi dari KEMENPAN-RB yang di ketuai Arif Tri Hariyanto, selaku Kepala Subbidang Analisis Perumusan Kebijakan Pengawasan. (15/11/2018) 2018, di Jakarta.

Predikat Menuju WBK adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, dan penguatan akuntabilitas kinerja. Sedangkan Predikat Menuju WBBM adalah predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja/satuan kerja yang sebelumnya telah mendapat predikat Menuju WBK dan memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Untuk Polres Ternate sendiri dalam paparan yang disampaikan AKBP Azhari Juanda menguraikan tentang pelaksanaan dan hasil dari enam komponen pengungkit pembangunan ZI serta beberapa perubahan yang sudah dilakukan di bidang pelayanan publik serta beberapa program inovasi baik yang berbasis IT maupun non IT.

“Di bidang non IT, Polres Ternate telah memiliki program unggulan berupa Pos Cerling yakni Polisi Ceramah Kamtibmas Keliling, Program Jum’at Barokah, Program POPEDA yakni Polisi Patroli dan Berdakwah, Program Wanda Manis yakni Polwan Berakwah Membangun Keluarga Harmonis, Program Pelita Gama Maitara yakni Penyuluhan Menggugah Membangun Karakter Generasi Muda, Program Polisi Peduli” Urai AKBP Azhari Juanda.

Di bidang IT, masih dalam paparannya AKBP Azhari Juanda mengatakan Polres Ternate membangun TV Online Polres Ternate dan Aplikasi SIPALA yakni Sistim Informasi Pelayanan dan Penanggulangan Keamaman.

“Aplikasi SIPALA tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemudahan dalam memberikan pelayanan SIM dan SKCK serta dalam rangka quick respon terhadap laporan gangguan keamanan yang terjadi di Wilayah Hukum Ternate” Terang Perwira Menengah Alumni Akpol 1998 ini.

Paparan yang disampaikan Kapolres Ternate pun mendapatkan apresiasi dari Tim Evaluasi Kemenpan-RB. Mengingat semangat dan tekad kuat dalam melakukan perubahan, Arif Tri Hariyanto menyampaikan beberapa saran guna menyempurnakan Program unggulan yang dimiliki Polres Ternate.

“Dengan semangat dan tekad yang kuat membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM tentunya kita dari tim evaluasi sangat mengapresiasi. Semoga kedepan nanti Polres Ternate dapat menjadi rujukan bagi Polres-Polres lain yang ada di Wilayah Timur Indonesia” Tandas Arif Tri Hariyanto. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here