Ditlantas Polda Metro Jaya Gelar Operasi Zebra Jaya 2019, Ini 12 Target Pelanggaran yang Ditindak

0
391

Titaniumnews. Jakarta – Mulai hari ini 23 Oktober 2019 hingga 5 November 2019, Operasi kepolisian bersandi Operasi Zebra 2019 akan berlangsung secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Operasi kewilayahan yang bersifat represif ini akan menindak sedikitnya 12 jenis pelanggaran lalu lintas.

Untuk wilayah Polda Metro Jaya sendiri, Dirlantas Polda Metro Kombes Pol Yusuf SIK M.Si menegaskan Operasi bertujuan agar terwujudnya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan, pelanggaran dan kemacetan dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcarlantas.

“Selain untuk menertibkan para pengguna jalan, juga untuk meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat terhadap UU 22/2009 tentang LLAJ” Ungkap Kombes Pol Yusup.

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Muhammad Nasir mengatakan, Operasi Zebra Jaya 2019 akan melibatkan sebanyak 2.380 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Dalam Operasi Zebra 2019 ini, Polantas akan menindak 12 jenis pelanggar lalulintas, antara lain, pengendara bermotor yang tidak memiliki SIM. Kendaraan bermotor roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi dengan STNK. Pengendara yang melawan arus.

Tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan serta menggunakan hp saat mengemudi menjadi 3 dari 12 prioritas target penindakan.

Petugas juga akan menindak, pengendara di bawah umur atau pengendara yang tidak memiliki SIM. Berkendara sepeda motor berbonceng tiga dan kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan layak jalan.

Sedangkan target penindakan yang ke 10 yakni kendaraan roda dua dan roda empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang standar. Berkendara di bawah pengaruh alkohol dan terakhir kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirine yang bukan untuk perentukannya. (Tya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here