Ciptakan Kadamaian, Kapolres Sambangi Gereja GPM Imanuel Ternate

0
195

Titaniumnews – Menciptakan kedamaian dan keamanan dalam suatu wilayah menjadi hal mutlak yang harus digalakan. Menjaga Persatuan dan kesatuan dalam beragam, perbedaan budaya pun agama menjadi tugas semua element masyarakat. Dan menyikapi hal tersebut, Minggu (04/11/2018) sekira pukul 10.30 WIT Kapolres Ternate AKBP Azhari Juanda SIK bersilahturahmi ke Gereja Protestan Maluku GPM Imanuel Ternate Kelurahan Stadion Kecamatan Ternate Tengah, dengan didampingi Kepala Kantor Agama Kota Ternate Drs. H. Adam Maarus, Mpdi.

Kunjungan Kapolres Ternate beserta rombongan pun disambut Para Pengurus Jemaat Imanuel Gereja GPM, dan para Jemaat Gereja yang berjumlah kurang lebih 200 orang.

Drs. H. Adam Maarus, M.Pdi selaku Kepala Kantor Urusan Agama Kota Ternate menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Agama tidak hanya mengurusi atau melayani agama tertentu saja tetapi membina semua agama yang diakui di Indonesia.

“kita harus menanamkan nilai nilai keagamaan khususnya tentang pentingnya silaturahmi dalam Islam misalnya, disebutkan dengan jelas kalau silaturahmi adalah salah satu jalan menuju surga” Tuturnya.

Selain itu, dengan adanya silahturahmi tersebut diharapkan dapat membangun hubungan yang harmonis antar umat beragama maupun intra umat beragama, agar tercipta kerukunan dan kedamaian di Ternate dan Maluku Utara.

Pada kesempatan tersebut, hal senada juga disampaikan AKBP Azhari Juanda, dimana sebagai seorang Kapolres mempunyai kewajiban untuk menyapa dan bertatap muka dengan seluruh elemen masyarakat yang ada Ternate. Menurut AKBP Azhari Juanda dengan melakukan hal itu, sinergitas antara pihak kepolisian dan para Tokoh Agama akan semakin terjalin kuat sehingga dapat membangun kemitraan dalam rangka mewujudkan kedamaian, kerukunan serta keamanan di wilayah hukum Kota Ternate.

Hal lainnya yang disampaikan Perwira menengah Alumni Akpol 1998 ini, diantaranya menyoroti gangguan Kamtibmas yang marak terjadi di Kota Ternate. Dari mulai kasus KDRT, Narkoba, Miras, penganiayaan dan perkelahian.

“Menyikapi hal tersebut tentunya, diharapkan adanya peran sentral keluarga sebagai benteng pertama yang dapat melakukan pencegahan dini agar anggota kelurga masing-masing tidak terjerumus atau melakukan hal-hal yang melanggar hukum” Urai AKBP Azhari Juanda.

Dan dalam rangka Operasi Zebra Kieraha 2018, Kapolres menghimbau kepada seluruh lapisan warga masyarakat untuk peduli akan keamanan dan keselamatan lalu lintas. Dalam himbauannya Kapolres juga menyisipkan pesan terkait beredarnya berita hoax maupun ujaran kebencian yang dapat menimbulkan kerawanan dan gangguan kamtibmas.

“Saya menghimbau kepada semua jemaat agar bijak dalam bermedia sosial, isilah media sosial anda dengan konten yang positif dan menyejukkan. Jauhi fitnah, hoax, ujaran kebencian, adu domba dan saling menjelekkan satu sama lain, karena selain berdampak kepada kegaduhan dan keresahan juga bisa berakibat terjerat hukum pidana” Pungkas AKBP Azhari Juanda. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here