Bangun Militansi Kehumasan, Polres Trenggalek Gelar Pelatihan

0
192

Titaniumnews – Guna mendukung dan meningkatkan tugas kepolisian serta pengoptimalisasian peran netizen, Polres Trenggalek menggelar pelatihan bidang kehumasan dalam rangka kesiapan Pilpres dan Pileg tahun 2019.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H. ini turut dihadiri Pejabat Utama yang diikuti puluhan anggota mulai dari satuan fungsi tingkat Polres hingga menghadirkan Kasihumas dan Operator Cyber Polsek Jajaran. Tak ketinggalan, netizen aktif mitra Polres Trenggalek pun turut hadir mengikuti pelatihan tersebut. Rabu (19/12)

Digelar di Aula Konang Hotel Bukit Jaas Permai Trenggalek, pelatihan ini menghadirkan pemateri-pemateri handal dan kompeten diantaranya Aiptu Ady Saputro, S.Pd., M.Pd., yang sudah berpengalaman menulis artikel sekaligus narator berita kepolisian, Brigadir Futo Parietal berkenaan dengan dunia cyber dan media sosial, Bripka Setyono, S.H., Bripka Slamet Handoko, S.H., dan Brigadir Chandra KH, S.H. dengan materi fotografi, videografi versi mobile, serta desain.

Pada kesempatan tersebut, AKBP Didit memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya terhadap militansi netizen Trenggalek yang telah banyak membantu tugas-tugas Kepolisian dalam rangka menjaga Kamtibmas Kondusif utamanya di dunia maya maupun media sosial.

“Saya pribadi dan selaku pimpinan mengucapkan terimakasih terhadap peran serta netizen yang selama ini tidak henti-hentinya membantu kami sebagai cybercitizen di dunia maya”Ujar AKBP Didit

AKBP Didit menegaskan agenda nasional Pemilu 2019 sudah didepan mata yang tentunya membawa pengaruh signifikan pada situasi Kamtibmas di Trenggalek.

“Jadilah aparatur negara yang bijak dan melek teknologi, dengan tuntutan kerja cepat dan tanggap untuk bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat apabila terdapat pemberitaan berupa konten negatif.”Tegas AKBP Didit

Dilain pihak, AKBP Didit juga menyampaikan evaluasi terhadap optimalisasi pembuatan narasi berita dan metode yang baik dalam penyampaian berita positif kepada masyarakat luas.

“Dengan diadakannya pelatihan seperti ini, diharapkan bisa menciptakan kedekatan antar satuan agar lebih paham dan tahu keterkaitan tugas mereka sekaligus membantu peran serta humas.” Imbuhnya

Sementara itu, salah satu instruktur Aiptu Ady Saputro mengungkapkan, sebagai seorang polisi apalagi yang bertugas dibidang kehumasan sudah selayaknya mengetahui dan paham tentang metode menulis yang baik. Pihaknya sangat memaklumi bahwa tidak semua personel bisa menulis namun dengan proses belajar dan kemauan yang sungguh-sungguh, membuat berita menarik khususnya terkait dengan dunia kepolisian adalah sebuah keniscayaan.

“Harus bisa dibedakan antara menulis berita dan cerita” Ujar Aiptu Ady

Bintara Polisi yang sehari-hari berdinas di Satintelkam Polres Trenggalek ini pun memberikan tips menulis berita yang mudah dan efisien namun sesuai dengan kaidah jurnalistik seperti menggunakan metode piramida terbalik, tehnik peliputan hingga penggunaan diksi, frasa dan kosakata yang tepat.

“Yang terpenting adalah pesan bisa tersampaikan kepada pembaca” Ujar Aiptu Ady

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sarana kontak berupa powerbank oleh Kapolres Trenggalek kepada operator cyber Polsek jajaran dan pemberian cindera mata kepada sejumlah netizen aktif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here