Baksos Donor Darah Polda DIY Sambut Hari Bhayangkara ke -74

0
1170

Titaniumnews.id.Yogyakarta – Menyambut Hari Bhayangkara ke-74, Jajaran Polda D.I. Yogyakarta menggelar aksi sosial dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Seperti yang digelar di Gedung Promoter RS Bhayangkara Polda DIY, sesuai tradisi Peringatan Hari Bhayangkara, Polda DIY gelar baksos Donor darah yang dihadiri Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso SH., S.IK., GBPH H. Prabukusumo sebagai ketua PMI, Irjen Pol (Purn) Haka Astana dan beberapa PJU Polda diantaranya Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol I Made Agus Prasatya S.IK., M.Hum.

Selaku Ketua Seksi Baksos Polda DIY, Kombes Pol Made Agus, mengatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan kegiatan kemanusiaan, menyumbangkan sebagian darah untuk kemudian disalurkan kepada yang membutuhkan sehingga menjadi sumbangan berarti dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

“Selain sebagai aksi kemanusiaan yang tentu saja banyak manfaatnya tidak hanya bagi penerima donor darah tetapi secara kesehatan pun membawa manfaat untuk pendonor atau penyumbang darah, salah satunya lebih rutin cek kesehatan dan lebih rendah memiliki resiko penyakit jantung” Tutur Kombes Pol Made Agus.

Sementara itu, Kabid Dokkes Polda DIY, Kombes Pol Is Sarifin selaku penyelenggara aksi sosial donor darah bekerja sama dengan PMI Yogyakarta mengatakan, melalui kegiatan kemanusiaan berupa donor darah merupakan bentuk kepedulian dalam membantu mereka yang sedang membutuhkan darah, sehingga diharapkan tidak hanya dilakukan di hari Bhayangkara, tetapi menjadi kebiasaan rutin dan berkala.

“Donor darah bagi penerima (resipien) akan mendapatkan darah melalui tranfusi yang tentu saja diharapkan dapat menyelamatkan jiwa seseorang” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PMI DIY, Gusti Prabukusumo pun mengucapkan terima kasih kepada Polri khususnya Polda DIY atas kepeduliannya dalam aksi sosial tersebut.

” Pertama- tama saya ucapkan selamat hari Bhayangkara ke-74, terima kasih saya ucapkan kepada Polri khususnya Polda DIY, karena pada saat seperti ini (covid-19) terjadi krisis donor darah dimana-mana, semoga kegiatan sepert ini dapat rutin dilaksanakan dan diharapkan bisa membantu mencukupi kebutuhan darah di daerah Yogyakarta ” Kata Gusti Prabukusumo.

Sebelum dilakukan pengambilan darah para pendonor terlebih dahulu melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh dan menerapkan protokol cegah Covid-19. Donor darah yang diikuti Para Personel Polda DIY dan TNI ini, diharapkan dapat memenuhi ketersediaan kantong darah yang ditargetkan mencapai 300 kantong. (Innitya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here