Apel Akbar Hari Santri Nasional, Kapolres Madiun : Perkokoh Persatuan dan Bangkitkan Semangat Nasionalisme

0
279

Polres Madiun – Hari Santri Nasional yang mulai dikukuhkan sejak 2015 dan diperingati setiap tanggal 22 Oktober, diperingati seluruh Santriwan maupun Santriwati di seluruh wilayah di Indonesia. Apresiasi kebanggaan atas peran serta para Ulama dan tokoh agama dalam menjaga dan memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa ini, pun disikapi dengan kemeriahan tanpa meninggalkan kesantunan dan jiwa religius keislaman para Santri. Berbagai giat keagamaan juga digelar di hampir seluruh Ponpes, dari mulai berdzikir dan bershalawat bersama, lomba pidato santri, pawai ta’aruf dan lain sebagainya.

Dan hari Senin tepat 22 Oktober 2018, memasuki tahun ke 4, Apel Akbar peringatan Hari Santri Nasional pun digelar. Di kabupaten Madiun sendiri, terlihat ribuan Santri mengikuti Apel Akbar yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Madiun di Alun – Alun Puspem Kabupaten Madiun.

Dengan mengusung tema Bersama Santri Damailah Negeri giat apel akbar tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kapolres Madiun AKBP I Made Agus Prasatya SiK M.Hum, Jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun, Dandim 0803 Madiun serta para tokoh agama se-Kabupaten Madiun dengan peserta upacara dari pelajar sekolah di Kabupaten Madiun dan juga santri Ponpes se-Kabupaten Madiun.

Kapolres Madiun AKBP Made Agus menuturkan, peringatan hari Santri Nasional merupakan bentuk apresiasi Pemerintah sebagai penghargaan atas perjuangan santri dan tokoh agama dalam mempertahankan dan menjaga kemerdekaan Indonesia.

“Dengan tema Bersama Santri Damailah Negeri, peringatan Hari Santri Nasional ini bertujuan membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan bela negara kita”, tutur AKBP Made Agus.

Selain itu melalui peringatan Hari Santri, Kapolres Madiun juga berharap harmonisasi dan sinergitas Para tokoh Agama dan Para Santri semakin terjalin kuat, sehingga menciptakan suasana kondusifitas yang aman dan nyaman di wilayah Kabupaten Madiun.

Pada Apel Akbar Hari Santri Nasional ini, Polres Madiun menerjunkan kurang lebih 317 anggotanya untuk mengikuti apel akbar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional. (Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here