Anda Gagal Ujian Praktik SIM ?, Dipersilahkan Berlatih di Polres Banyuwangi

0
660

Titaniumnews – Ujian praktik berkendara bagi pemohon Surat Izin Mengemudi ( SIM) selama ini menjadi salah satu tahap yang paling sulit dihadapi. Salah sedikit saja, pemohon dapat dinilai gagal untuk layak mendapatkan SIM.

Melihat ini, Polres Banyuwangi mencoba membantu dengan memberikan kesempatan bagi warga masyarakat untuk berlatih praktek kendaraan bagi pemohon yang tidak lulus ujian, dengan menggunakan lapangan uji praktek kendaraan Satpas SIM di Polres Banyuwangi yang sarana dan kondisi sama persis dengan waktu ujian. Waktu latihan bisa menyesuaikan dengan kesempatan dan kesibukan yaitu mulai hari Senin sampai dengan Minggu di luar jam dinas atau pelayanan.

“Jadi kesempatan ini diutamakan bagi pemohon yang telah gagal praktek. Meski tidak menutup juga para pemohon yang baru mau ujian praktek untuk datang latihan. ” ucap Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman., S.I.K., M.Si, pada Rabu (31/10).

Namun demikian masyarakat diperbolehkan untuk berlatih dengan menggunakan lapangan uji praktek kendaraan Satpas SIM Polres Banyuwangi pada saat diluar jam pelayanan atau pada waktu hari libur dan sore hari. Bagi masyarakat yang menggunakan lapangan uji praktek dipersilahkan untuk menata traffict cone. Dan mengembalikan kembali k tempat semula setelah digunakan.

Pada Rabu sore sekira pukul 16.30 WIB terlihat beberapa pemuda sedang berlatih dengan penuh semangat. Mereka Hilmi Bakhtiar, (17 tahun), Rivaldi Andreansyah, (18 tahun), Adinda Ari Nurfitriana, (17 tahun) mereka adalah pelajar SMA Negeri Darussholah Singojuruh yang sudah mendaftar untuk mengajukan permohonan penerbitan SIM-C namun masih lulus pada ujian teori dan belum lulus pada saat ujian praktek berkendara.

“Saya sudah dua kali ujian praktek namun masih belum lulus. Maka saya minta ijin kepada Pak polisi yang piket untuk berlatih disini dan diperbolehkan. Syaratnya hanya satu saya menata sendiri dan selesai saya kembali ke tempat semula semua perlengkapan yang digunakan di lapangan uji SIM ini,” tutur Hilmi Bakhtiar.

Pada kesempatan tersebut rekan satu sekolah dari Hilmi Bakhtiar Adinda Ari Nurfitriana juga menyampaikan terimakasih kepada Bapak Kapolres Banyuwangi dan jajarannya yang telah memberikan waktu dan kesempatan bagi mereka untuk menggunakan sarana lapangan uji sebagai tempat berlatih agar nanti dalam menjalani tes ujian praktek permohonan SIM bisa dijalani dengan maksimal, lancar dan bisa lulus.

Dengan adanya latihan praktek yang diberikan oleh Polres Banyuwangi ini harapannya masyarakat Banyuwangi bisa menjalani ujian permohonan SIM sesuai standart yang ada dan lulus memiliki kompetensi kemampuan berkendara yang cukup demi keamanan dan keselamatan bersama.Yang terpenting lagi dalam pengajuan SIM masyarakat hendaknya tidak menggunakan calo. (Humas_Resbwi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here