Amankan Coblosan Pemilu 2019, Ratusan Polisi di Trenggalek Digeser ke Lokasi TPS

0
141

Titanumnews – Ribuan petugas gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri, Satpol PP, Linmas, Orari dan Rapi mengikuti Apel Pergeseran Pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan Pemilu 2019. Apel Serpas yang digelar di Alun-alun Trenggalek tersebut dipimpin langsung Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S, S.I.K., M.H., Dandim 0806 Letkol Inf. Dodik Novianto, S.Sos dan Plt. Bupati Trenggalek yang diwakili oleh Sekda  Joko Irianto. Minggu (14/04)

Dalam Apel Serpas tersebut, AKBP Didit mengatakan, mulai hari ini seluruh petugas pengamanan tahapan pemungutan dan pengitungan suara Pemilu 2019 akan digeser meneuju TPS sesuai dengan plot masing-masing.

“Terhitung mulai hari ini sampai tanggal 18 April 2019.” Ujar AKBP Didit

AKBP Didit menegaskan tugas utama dari petugas Pam TPS adalah mengawal material logistik Pemilu dan melakukan pengamanan selama proses Pemilu berlangsung. Pihaknya meminta agar setiap petugas mempedomani SOP yang sudah ada.

“Petugas pengamanan harus mengetahui Kakerda wilayah tugasnya. Baik itu gangguan kamtibmas, potensi konflik maupun permasalah lainnya.” Imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Didit mengungkapkan, khusus untuk pengamanan di lokasi TPS pihaknya melibatkan 365 orang ditambah personel kompi oncall di Mapolres dan didukung perkuatan dari TNI dan Linmas untuk mem-backup 2.512 TPS se Kabupaten Trenggalek.

“Jadi 1 orang Polisi bertanggung jawab mengamankan 6-9 TPS” Ungkapnya

Sementara itu, Letkol Inf Dodik Novianto menegaskan jajaran Kodim 0806 Trenggalek mendukung penuh dan membantu pihak Kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan TPS. Pihaknya optimis bahwa proses Pemilu di Kabupaten Trenggalek akan berjalan lancar, aman dan kondusif.

Usai Apel, kegiatan dilanjutkan dengan penjabaran Kapolres Trenggalek melalui Tactical Floor Game (TFG) terkait dengan pola pengamanan, penempatan personel hingga pergeseran pasukan baik TNI maupun Polri pada saat terjadi keadaan kontijensi di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here