Aksi Heroik Nahkoda Cahaya Abadi Selamatkan ABK Multi Prima Tuai Apresiasi Kapolres

0
197

Titaniumnews – Aksi heroik nahkoda Yulius Indrajati Elfa bersama Crew atau ABK Cahaya Abadi yang berhasil menyelamatkan 7 korban kecelakaan Kapal Multi Prima (KMP) di selat Bali dan Sulawesi, Tuai apresiasi dan penghargaan dari Kapolres Probolinggo, AKBP Eddwi Kurniyanto SIK SH.

Menurut Kapolres Probolinggo, yang dilakukan Nahkoda Cahaya Abadi dinilai telah menjalankan misi keselamatan laut dan kemanusiaan atas peristiwa tenggelamnya KM. Multi Prima. Kapal yang dilaporkan membawa 14 anak buah kapal (ABK) tersebut tenggelam pada kamis lalu (22/11/2018) dan sementara baru 7 ABK yang berhasil diselamatkan.

Bertempat di Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo, Upacara Ceremony pemberian penghargaan, senin (26/11/2018) dihadiri Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, SH, S.IK, M.Hum, Kyai Nizar Ketua MUI Kota Probolinggo, Para PJU Polres Probolinggo Kota, Kepala dan Staf Karyawan KSOP, Kasat dan anggota Polairud Probolinggo, Kamla Probolinggo serta Anggota Polres Probolinggo Kota sekitar 150 Personel.

AKBP Eddwi Kurniayanto selaku Kapolres Probolinggo menyampaikan apresiasi kepada ABK Cahaya Abadi yang telah berhasil membantu, menolong dan mengefakuasi korban kecelakaan Kapal mesin Multi Prima. Dengan kepedulian dan aksi heroik ABK Cahaya Abadi, harapan kedepannya agar KSOP peduli benar dengan keselamatan para awak kapal guna antisipasi apabila terjadi kecelakaan di wilayah perairan ataupun Laut.

“Memang saat ini kita perlu menguasai kemampuan SOP keamanan, diantaranya kemampuan pengetahuan, kemampuan ketrampilan dan keahlian, kemampuan attitude. Sehingga 3 SOP tersebut harus kita kuasai guna mengantisipasi agar kejadian yang serupa tidak terulang kembali” Urai AKBP Eddwi Kurniyanto.

Selain itu Kapolres juga mengatakan, akan memfasilitasi dan mencari awak ABK yang belum ditemukan. Pihaknya akan bekerja sama dengan Basarnas.

“Atas nama Kepolisian Polres Probolinggo nengucapkan banyak terima kasih kepada awak kapal Cahaya Abadi dan kita juga sudah memberikan surat kepada Menteri kelautan RI agar selalu memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada Nelayan terkait SOP keamanan di laut” Tandasnya. (Tatiana Tia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here